bola

Irish Olahraga

Ketika Anda berada di Dublin terutama selama bulan-bulan musim panas, Anda harus berusaha untuk melihat permainan sepak bola Gaelic atau Hurling, dua olahraga unik Irlandia yang memiliki dukungan penuh gairah di seluruh negeri. Periode musim panas adalah ketika kejuaraan tahunan di kedua olahraga berlangsung, dan masing-masing kabupaten ladang tim. Kejuaraan berujung pada September dan tiket adalah seperti debu emas, tapi Anda mungkin menemukan acara lain di awal musim panas yang tidak terjual habis. Stadion terbesar di Irlandia – untuk olahraga apapun – adalah Croke Park, dan di sanalah peristiwa tertinggi-profil berlangsung.

sepak bola Gaelic menjadi populer di livescore , pada awal abad ke-16, ketika tim mungkin terdiri dari semua orang fit dari sebuah kota atau paroki. Pada hari-hari awal, permainan lebih terorganisir akan dimulai antara dua kota dan berakhir ketika satu sisi telah berhasil memaksa bola di garis ke wilayah yang lain.

Permainan modern memainkan seperti campuran dari sepak bola dan rugby. Tim dari 15 pemain menendang atau tangan melewati bola di sekitar lapangan rumput terhadap satu sama lain tujuan baik mencetak poin atas bar atau tujuan. Bola yang digunakan dalam sepak bola Gaelic bulat, sedikit lebih kecil dari bola sepak. Tindakan cepat dan marah, dan bermain kasar. peralatan pelindung tidak ada.

Melemparkan mirip dengan lacrosse atau hoki. Ini dimainkan di lapangan besar dengan tongkat melengkung kayu (atau “hurley”) dan 6,5 cm (2,5 inci) bola kulit (atau “sliothar”). Hal ini dapat digambarkan sebagai salah satu permainan bidang tercepat dan paling terampil di dunia dan itu bukan untuk menjadi lemah hati. Badan menggedor, bola sekeras bisbol, dan tongkat yang terbuat dari abu padat.

Sementara sepak bola Gaelic adalah olahraga tua, melemparkan kuno. mitologi Irlandia penuh dengan kisah-kisah pahlawan, seperti prajurit legendaris cu Chulainn, yang penyembur ahli. mitos tersebut menunjuk sejarah melemparkan berusia sekitar 2.000 tahun dan tempat yang menonjol olahraga tersebut dalam tradisi Irlandia.

Sementara permainan bermegah akar kuno, sejarah modern mereka tak terpisahkan terkait dengan kebangkitan budaya Irlandia dan nasionalisme yang terjadi di akhir abad ke-19.

Pada tahun 1884, dengan Irlandia di bawah kekuasaan Kerajaan Inggris, sekelompok nasionalis Irlandia bertemu untuk membentuk sebuah organisasi untuk atlet Irlandia, yang Gaelic Athletic Association (GAA). Rencana awal adalah untuk membangkitkan Tailteann Permainan kuno dan mendirikan sebuah organisasi Irlandia independen untuk mempromosikan atletik, tapi melemparkan dan sepak bola Gaelic akhirnya didominasi.

Hal ini masih badan dari melemparkan dan Gaelic sepak bola (juga wanita sepak bola dan carmogie, olahraga Hurling-seperti untuk wanita). GAA selalu dipromosikan lebih dari sekedar olahraga. Athletic Association Gaelic adalah hal budaya dan itu dibuat sebagai respon langsung terhadap cara di mana budaya Irlandia sedang dieliminasi. Seiring dengan Liga Gaelic dan Irlandia Sastra Revival, itu memberikan mekanisme untuk penciptaan rasa identitas Irlandia.

Dalam tahun-tahun awal, permainan Gaelic sendiri mengambil makna politik di Irlandia bermasalah waktu.

Asosiasi atletik mengembangkan jaringan pedesaan yang kuat di Irlandia, dan banyak anggota GAA terlibat dalam peristiwa terhubung dengan 1916 Easter Meningkatnya.

Pada tahun 1918 organisasi ini dilarang oleh pemerintah Inggris, tetapi permainan masih dimainkan sebagai tindakan pembangkangan Irlandia. Permainan tersentuh langsung (itu sendiri dipengaruhi) oleh konflik.

Pada tanggal 21 November 1920 Tentara Republik Irlandia (IRA) dibunuh 14 agen Inggris dan informan mereka di Dublin. Kemudian pada hari pasukan Inggris (terkenal Hitam dan Tans) menembaki kerumunan orang di pertandingan sepak bola Gaelic di Croke Park [http://www.roadtoireland.eu/Ireland-Dublin-Croke-Park.html] menewaskan 14 penonton dan satu pemain, Michael Hogan, yang bermain untuk Tipperary hari itu. hari ini turun dalam sejarah sebagai “Bloody Sunday”.

Sampai saat ini petugas Tentara Britania atau mantan tidak bisa berpartisipasi dalam atletik Gaelic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *